Sabtu, 17 Maret 2012

MITOS SUATU DAERAH

A.    Definisi Mitos

Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang, bentuk topografi, petualangan para dewa, kisah percintaan mereka dan sebagainya.Mitos itu sendiri, ada yang berasal dari indonesia dan ada juga yang berasal dari luar negeri.

Mitos di Indonesia biasanya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, terjadinya susunan para dewa, terjadinya manusia pertama, dunia dewata, dan terjadinya makanan pokok. Mengenai mite terjadinya padi, dikenal adanya Dewi Sri yang dianggap sebagai dewi padi orang Jawa. Menurut versi Jawa Timur, Dewi Sri adalah putri raja Purwacarita. Ia mempunyai seorang saudara laki-laki yang bernama Sadana. Pada suatu hari selagi tidur, Sri dan Sadana disihir oleh ibu tirinya dan Sadana diubah menjadi seekor burung layang-layang sedangkan Sri diubah menjadi ular sawah.



B.     Mengapa Percaya Mitos?
Kajian tentang mitos telah banyak dilakukan oleh para ahli di Indonesia, misalnya; Minsarwati dalam bukunya yang berjudul “Mitos Merapi dan Kearifan Ekologi”, dijelaskan secara implisit, bahwa mitos-mitos yang terdapat disana, seperti dilarang menebang pohon di area gunung merapi, berburu binatang di hutan, tidak boleh mencari rumput atau kayu bakar dan lain sebagainya. Sesungguhnya larangan-larangan itu tersimpan kearifan ekologi penduduk terhadap lingkungan alam gunung Merapi, dan selalu berhubungan dengan pelestarian ekosistem. Kearifan disini diartikan sebagai tindakan penduduk setempat dalam melangsungkan kehidupan mereka yang selaras dengan lingkungan, dan merupakan manifestasi sistem kepercayaan yang mereka anut. Minsarwati menggambarkan bahwa gunung Merapi, yang secara lahir merupakan sebuah gunung berapi aktif, merupakan sebuah kerajaan gaib yang kasat mata, yang mempunyai hubungan dengan Keraton Surakarta, Pantai Selatan, Gunung Lawu, dan Kayangan Dlepih.
Diceritakan bahwa gunung Merapi bagi masyarakatnya merupakan sebuah gunung wingit, sakral, yang harus selalu dihormati, dengan cara pemberian sesajen atau ritual-ritual lainnya. Hal ini dimaksudkan agar penguasa gunung Merapi, tidak murka kepada mereka dan mau memberikan semacam dorongan agar membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari.


C. Macam-macam mitos
1. Kalau lagi sesak pengen BAB alias boker tapi sedang tidak ada WC umum, maka kalau ambil batu langsung dimasukin  ke dalam plastik bisa bikin menahan tidak jadi BAB hehehe.
2. Kalau sedang sakit perut, kalau memeluk bantal bisa sembuh hahaha. Apalagi memeluk pacar bisa cespleng sembuh total hehehe. Ayak-ayak wae!
3. Jangan biasakan makan asinan di malam hari, karena akan selalu tertimpa keresahan hati, jika ia seorang yang belum menikah akan sulit jodoh, dan jika sudah menikah ia akan sering bertengkar. Seingat saya, saya  suka makan asinan atau acar Bogor juga di malam hari hehehe…pantesan belum dapat jodoh hahaha
4. Pamali duduk di depan pintu, nanti susah dapat jodoh hehehe
5. Tabu kasih hadiah sapu tangan buat kekasih hati, nanti bisa mengakibatkan perpisahan alias putus cinta hehehe…Nach lho kalau dikasih hadiah sapu tangan merk ternama dari Paris seperti YSL (Yves Saint Laurent) masak ditolak sich? Hahaha maklum matre.
6. Jangan bersiul bila sedang makan karena Anda akan mengalami kegagalan dalam usaha. Yah iyah lah nanti malah keselek alias nyangkut makanannya ditenggorokan bisa berabe khan? Hehehe
7. Jangan memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau iri hati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda. Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum’at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang. Ini lebih seru dan aneh  lagi yah mitosnya hehehe.
8. Pamali membuka payung di dalam rumah, karena akan terjadi sesuatu yang buruk menimpa keluarga Anda hahaha. yang bener?
9. Jangan menjahit kancing baju ketika masih dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu gagal dalam usaha selama 1 bulan. Ini sich takut ketusuk jarum badannya hehehe
10. Jangan Anda makan di cobek atau lumpang, karena akan berakibat kelak anda akan dimusuhi mertua tanpa sebab. Ini sich di mana-mana mah mertua cewek kagak pernah akur ama menantu cewek juga hehehe..Nga makan dicobek atau lumpang juga tetap aja dimusuhi tanpa sebab hehehe… Cape deh!
Ini kalau digali dan dituliskan bisa lebih banyak dan jumlahnya sampai  ratusan pantangan yang sudah berlaku umum di Indonesia. Tapi seiring dengan semakin majunya pendidikan saat ini, maka hal-hal yang tabu, pamali dan pantangan ini sudah banyak ditinggalkan.
Sumber pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar